Tips Pacaran Jarak Jauh

 Cinta memang tak kenal tempat dan waktu, dimana saja perasaan itu bisa bersemi. Karena itu banyak bermunculan pasangan yang berbeda jarak dipisahkan, sungai, gunung, laut, sampai benua.

i
Pasangan semacam ini memang punya tantangan sendiri. Jika kepercayaan dan cinta tak terlalu kuat, hubungan bisa gampang berantakan. Sebelum itu terjadi, baca dulu tips ini:

argati
Komunikasi
Zaman sekarang semuanya sudah serba mudah. Walau beda benua banyak alternatif komunikasi yang bisa ditempuh. Selain telepon, dengan kecanggihan internet ngobrol lewat chatting bisa dilakukan. Mau kirim foto, sampai video semuanya serba mungkin. Apalagi biayanya juga jauh lebih murah. Tak ada lagi alasan untuk tak berkomunikasi. Ada keraguan, kecurigaan, atau perasaan lainnya, utarakan langsung pada sang kekasih. Jangan memendam dan menebak-nebak sendiri.

Tentang frekuensinya, sesuaikan dengan kegiatan masing-masing. Jangan sampai mengganggu dan membuat si dia kesal.

Tapi disela-sela komunikasi elektronik, tak ada salahnya sekali-sekali diselingi dengan surat biasa lewat pos. Selain lebih personal, di surat biasa anda bisa membubuhkan wewangian yang sering anda gunakan sehingga menimbulkan perasaan nostalgia pada dirinya. Jika si dia rindu pada makanan rumah tak ada salahnya sekali-sekali mengirim masakan favorit dia. Tapi sebelum itu cek dulu dengan perusahaan pengiriman atau kantor pos tentang prosedur pengiriman makanan.

argati
Buat kejutan
Kejutan seringkali menjadi penyegar suatu hubungan. Untuk yang jarak jauh bisa memanfaatkan jasa pengiriman. Sesekali mengirim bunga bisa menjadi penawar rindu yang romantis. Jika memang ada waktu yang cukup untuk liburan kejutkan dia dengan datang ke kotanya. Tapi ingat juga kesibukannya, jangan terlalu banyak menuntut waktunya. Jika memungkinkan, cari tahu dulu jadwal dia pada hari itu. Kunjungan anda juga tak perlu lama-lama, yang penting perasaan rindu sudah terobati.

argati
Tetapkan peraturan
Untuk menghindari salah paham dan hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda menetapkan beberapa aturan dasar. Misalnya, berapa lama harus bertemu, apakah setiap hari harus menelepon, adakah hari khusus dimana anda harus bertemu, serta berbagai aturan main lainnya.

argati
Antisipasi segala kemungkinan
Namanya hubungan jarak jauh, faktor penghalang pasti banyak menghadang. Walaupun sudah buat rencana anda harus selalu siap untuk kemungkinan terburuk. Misalnya ketika sudah janji bertemu, kekasih anda ada meeting tiba-tiba. Atau bisa saja anda tak bisa pergi bertemu dia karena sahabat perlu teman curhat setelah putus dari pacar.

argati
Percaya dan Sabar
Ketika sudah berkomitmen untuk hubungan jarak jauh, kepercayaan pada pasangan sangat penting. Jika tak bisa percaya pada pasangan sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum menjalani hubungan jarak jauh. Anda bisa lelah sendiri disiksa kecurigaan dan kecemburuan karena tak bisa selalu mengawasi sang kekasih. Jika ada perasaan curiga atau gelisah, langsung ungkapkan kepadanya. Jangan dipendam sendiri dan berkembang menjadi masalah.

Keadaan emosi memang sulit dikontrol. Kadang kesal sedikit bisa jadi masalah. Khusus untuk pasangan jarak jauh, kesabaran adalah aspek yang penting. Seperti dilansir lovearticle, Rabu (21/9/2005), emosi pasangan pada hubungan jarak jauh lebih mudah meledak. Padahal seharusnya pasangan tersebut sangat menghargai saat-saat ketika mereka bertelepon atau bertemu.

Karena itu, jika timbul masalah sebaiknya coba bersabar dan jangan langsung meledak. Ingat, pertemuan dan komunikasi yang cukup sulit sebaiknya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan supaya hubungan lebih mesra. Selalu akhiri pembicaraan dengan kata-kata yang manis.

i
Timbang baik dan buruknya
Tidak semua orang bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan baik. Perlu banyak kesabaran dan usaha untuk melewati itu semua. Coba pertimbangkan positif dan negatif hubungan yang tengah dijalani. Apakah anda dan pasangan bahagia? Apakah anda lebih sering bertengkar daripada bermesraan? Apakah hubungan berubah menjadi buruk setelah kekasih pindah ke kota lain? Dan berbagai hal lainnya.

Jika setelah ditimbang ternyata hal buruk lebih unggul, tak ada salahnya anda berpikir dua kali untuk melanjutkan hubungan jarak jauh. Jangan tergesa-gesa mengakhiri hubungan, bicarakan dulu baik-baik dengan kekasih. Beri alasan dan argumen yang tepat. Pada akhirnya, akan sangat baik jika anda dan pasangan bisa menemukan jalan keluar. Siapa tahu adanya perubahan malah akan membuat lebih mesra. Tapi jika tidak, kenyataan pahit memang harus ditempuh. Lagian siapa yang mau terus-terusan sedih dan menderita karena cinta.

i
Prediksi masa depan
Hubungan yang punya tujuan, pasti bikin anda dan pasangan lebih semangat menjalaninya. Jika memang sudah saatnya tak ada salahnya menguatkan komitmen. Setidaknya jangan menghindar jika membicarakan hal tersebut. Suatu hubungan terutama jarak jauh perlu β€˜iming-iming’ yang membuat anda dan pasangan tetap kuat. Setidaknya ada sesuatu yang diharapkan dan dituju.

i

cafejomblodotcom

24 Tanggapan

  1. ,saya sudah pcr.n ma dya dah 4 tpi dya gk mau knl.n aq ma ortu’y
    Aq gk tw hrus g’mna?yg aq ingin pcr.n yg d’restui oleh ortu msing

  2. Cwokq lg marah berat maq cm gra” dia dmrahi ortu mau mnta nikah maq,gmn biar dia g mrah maq pdhal udah q rayu

  3. hmmmmmzzzz gmn pacaran baru berjalan 1bln,uda terpisah krn dy hrus pindah krj,mgkinkah hub bisa brtahan dgn jrk yg memisahkam kita

  4. gue dah pernah coba sabar jalanin hubungan jarak jauh selama 1tahun dan gue percaya kalo dya dsna bakal setia ..
    tapi knpa kepercayaan gue yg gue kasi ke dya, dy sepelein
    gue liat foto” di album” dya sambil ngerangkul ce
    mana sabar gue liat co gue sendiri begitu ..
    dan sekarang hubungan itu gue kandasin 1bulan yg lalu
    T-T

  5. sma aja sya juga lagi sdih nh bru aj jdian 1 bulan udah pishan jrak jauh huh
    cman gra” ad mslah sdkit sya jd pcran jarak jauh sdih bner hidup aq dan pcar aq
    doain ya moga hbungan kmi lancar
    amiiinnn

  6. tHat is True,,,πŸ™‚ seTuju deCh pKokNya…

  7. sya pcaran sdah 2 thun piy tdak pernah ktmu sma sekali,dan sekarang dia mau kulyah dimesir…..
    gmna y biar dia sllu ngubungin q????????
    dan percya antra qta brdua??????

  8. ea q jg rindu ma dia…….
    tp aq tetp slalu ykin ma dia….
    baru beberapa minggu jadian kami harus berpisah tuk smentara………
    demi masa depan masing2…….
    aq hanya berharap saling setia saling menunggu & saling mengiginkan……

  9. hm,,, setujuuu bngd….
    aq jga hub jarak jauh,,, qt dah 3,5thun hubngan,,,,
    n skrg2 neyh,,, qt dah 3 bln gx ketemeu,, cz ksbukan kta msing2,,, tapi komunikasi ttep jlan,,,,,
    hm,,,, kngen c,,, pngen ketemu… tapiii,,,, yaaa gmnaa,,,, hUftt…..

  10. gue udah 4 taon jarak jaoh pacaran,ttpi slalu bahagia dengan Doi.prinsipnya cuma saling percaya n bila ada masalah selalu selesaikan dengan kepala dingin.

  11. Ak setuju b9t sebab aku j9 men9alami hubun9an jarak jauh itu,,

  12. aku baru pertama ini menjalani pacaran jarak jauh,dan baru berjalan 4bulan…awalnya memang berat,,, tiap hari telpon dan sms cuma curiga dan marah2. tapi setelah di jalani dan dengan niat baik, puji Tuhan,,, sampai sekarang hubungan kami baik2 saja…
    komitmen, komunikasi, dan kepercayaan sangat penting unt teman2 yg sedang pacaran jarak jauh…cayo..!!!

  13. kudu kuat iman, jaga kesetiaan…….

    komunikasi adalah “bahan bakarnya”

    tetap semangd wat para pelaku..ganbatte!

  14. gw stju nih………tp sayang nya gw bru aja putus

    Redaksi : ” Putus ya di sambung lagi.. ato cari yg baru..”πŸ˜€

  15. mantap…..
    setuju banget….
    q ini pasangan hubungan jarak jaoh,,
    jadian dapet 4 bulan ditinggal,, tp qt slalu mlakukan sesuatu yg sma persis dg tips diatas….

    percaya akan kebahagiaan kelak…^_^merelakan sang kekasih untuk menjemput kesuksesan diperantauan sana…
    n kan pulang dg sejuta kebahagiaan,,entah itu
    moril,,materi,,
    semuax itu tuk kehidupan kelak..

    Redaksi : “Sip..”

  16. sepatu…. (sepakat & setuju)

    @Redaksi : ” Bisa aja ach kamu. hehehe”πŸ˜€

  17. pnuh curiga…..

    Redaksi : ” merana ..hehehe”
    πŸ˜€

  18. aku selalu di hadapi masalah….

    gimana niii:)

    KC : ” Kupas masalahnya satu2.. beresin tuch.. “
    πŸ˜€

  19. kak aku ma cowoku pacaran jarak jauh . tapi sekarang aku kehilnagn hp q dia juga kehilangan hpnya . gimana donk kak kasih aku solusi …dan 1 lagi ayah tiri ku gak setuju ma hubungan ku ma dia aq tambah bingung nie….

    Redaksi : ” Pada jaman cleopatra ato prasejarah dulu gak ada HP. Tapi cinta tetap aja bisa menyatu. Komunikasi banyak ragamnya. Salah satunya pake burung ato pak pos juga bisa. Lebih romantis. hehe.. Mengenai pendapat ortu mungkin ada benernya, namun yg memutuskan & menjalani tetep kamu. “πŸ˜€

  20. pacaran jarak jauh itu membosankan.dan lebih sering berantem dari pada tidak.

  21. harus da saling percya n ksbran,disini yg sy bingungkn bgmna sy bs prcya sm doi,sdgkn dia sudah brubh,tdk mmbrkn prhtian sort dulu lg,jd skrg bgmna cara mengembalikn prhtian na sprti dulu lg?SY SNGT MNCNTAINA n menyayangina dg spenuh ht.trims

  22. terimakasih infonya……….

    Penulis : ” Terima kasih balik, moga bahagia.. “πŸ˜€

  23. BETUL…mang HARUS KuaT dalam menjalani KESABARAN….meski KONSEKUENSI yg UTAMA adalah BERAT di ONGKOS n SIGNAL hehehe tp hrs TETAP kuat dalm DOA ( SPIRITUAL )

    akika 1 thn pedekate wkt dia slesai wisuda n balik pulang br kami jadian sampe skrg dah menginjak yg 3thn…dr dia pulang blm pernah TENGOK wajahnya sampe skrg…tp yg kita jalani tdk jauh2 dr TIPS yg di atas…skrg aku d Jawa dia di Papua..sama2 lg berjuang tuk KANTONG masadepan…so far so good meski ada konflik tp bs teratasi…keep smangat LONG DISTANCE…..^_^

  24. dalam hubungan jarak jauh yg paling penting adalah kesabaran dan kepercayaan..

    aq dan cow qu dh jalan 1 tahun 6 bulan..kami pacaran jarak jauh..
    tapi,walaupun jarak yg memisahkan kami..tp insyaalah cinta kami berjalan baik2 saja..

    apaun masalah yg terjadi kami selalu menyelesaikan nya..

    soo..
    bwt sobat2 yg lg long distance ma pasangan nya..
    kunci nya agar pacaran awet adalah yakin dan percaya..

    Penulis : ” Siap laksanakan..hehehe”πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: